Orang Indon Bingit Sebab Rendang Asal Padang Bukan Singapura

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

1401501824957996296

Dok. Pribadi

Beberapa hari lalu sewaktu ada kerjaan di Singapore, saya ketemuan dengan seorang teman di daerah Ang Mo Kio Singapore. Karena sedang kangen dengan masakan Indonesia, maka saya minta teman tersebut mengajak saya makan rendang,masakan khas Padang yang biasa terdapat di restoran padang, seperti terdapat di food court Lucky Plaza Orchard rd.

Teman singapore saya siang itu tidak punya banyak waktu, ia sedang sibuk dengan proyeknya di bidang property. Bukannya ia membawa saya makan Rendang di restoran Padang, ia malah membawa saya makan Rendang di Burger King yang ada di mall Ang Mo Kio tersebut.

Teman saya mengatakan “Gak usah jauh-jauh makan rendang cari restoran padang, apalagi sampai ke Orchard rd, di Burger King juga ada burger dengan daging rendang ASLI rasa KHAS Singapore.“

Saya kaget juga dengan apa yang saya lihat “Haaaa, apa saya gak salah liat nih? Bukankah rendang asli Indonesia, tepatnya dari Padang?”

Teman saya menjawab “Jangan asal klaim, apa buktinya kalo Rendang asli Indonesia. Apa kalian punya hak paten atas rendang? Kami di Singapura sudah makan rendang sejak dulu. Makanya burger King saja berani katakan The Original Rendang Is Back, the taste of Singapore. Kalo menurut saya, Rendang itu asli Singapore. Kalian dari Indonesia aja suka ikut-ikutan.”

Mendengar perkataan teman tersebut, hati saya mendidih, jiwa nasionalisme saya tersentil, saya gak tinggal diam, lalu saya mengatakan kepada teman tersebut dengan semangat 45 ala ala Soekarno dulu “Kita memang berteman, tapi kalo bro mengklaim Rendang asli singapore, terpaksa mulai sekarang kita tidak berteman lagi. Saya yakin rendang itu asli Indonesia, asli Padang, semua restoran di Indonesia pasti menyediakan rendang. Kalo sampai restoran padang gak ada rendang, rasanya gak nendang.”

Mendengar jawaban aku yang serius, temanku jadi kaget, dan dengan suara pelan dan hati-hati dia mengatakan “Sabar bro. Masa gara-gara rendang kita jadi tak berteman. Ya sudah kita gak usah makan rendang singapore ini, nanti suasana jadi gak enak. Kita makan di restoran Jepang aja, sushi dan sashiminya terenak di Singapore, ada geishanya juga, tercantik di singapore. Yuk kita pergi dari Ang Mo Kio.”

Dengan senyum terkembang, saya menjawab “Ini baru namanya teman, ngerti banget sih bro.”

Kitapun meluncur ke restoran Jepang dimaksud.

Selamat siang Indonesia

Sumber: Dok. Pribadi

 

EDITOR’S NOTE

Jangan terlalu emosi. Ini kan cuma iklan sahaja dari Burger King.

Semua orang tahu rendang itu asal dari Padang. Memang banyak makanan yang kita makan di restaurant juga menghidangkan lauk-pauk Padang. Tidak usahlah isu seperti ini sampai orang Indonesia mahu sensitif pula dengan orang Singapura. Isu remeh ini.

letters to R1C banner

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *